Rahasia Edamame

“Itu apa?” tangannya menujuk mangkuk yang baru saja di antar pelayan resto.

“Edamame” jawab saya singkat.

Wajahnya penuh dengan selidik “Apa rasanya?”

“Enak.. You wanna try?”

No thanks…. ” Jawabnya cepat.

“Loh..? Let’s try! This is the most delicious bean in the world! Trust me!”

Tangannya bergerak kearah mangkuk kecil yang ada di hadapan kami berdua. Saya masih melihat ekspresi ragu di wajahnya. Dia memilih satu diantara tumpukan kacang yang ada.. tentunya yang paling kecil.

So… How to eat?”

“Ya tinggal di makan.. I’ll show you the way” Kini giliran tangan saya yang bergerak mengambil satu di antara tumpukan kacang. Tapi bedanya saya memilih ukuran kacang yang paling besar.

“Nih.. cukup tekan bagian kacang sebelah sini”

POP! Biji kacang langsung loncat ke mulut saya.

Bibirnya bergerak. Tersenyum tipis melihat tingkah saya. Sepertinya dia sedikit takjup. Selang beberapa detik Dia mencoba menirukan gaya saya. Menekan sisi kacang dan kemudian…

POP! Biji kacang meloncat! Tapi gagal!

Tanpa ada yang mengomandoi, kami tertawa kompak. Bagi saya ekspresi wajahnya ketika gagal melahap edamame itu lucu sekali. Tapi bagi dia? Hm,, mungkin tertawa karena malu saya tertawakan.

Dia kembali mengambil satu kacang dan mengulangi gerakan tadi. Kali ini dia tampak lebih hati-hati. Mungkin karena tidak mau gagal di depan saya sampai dua kali. Dia mengambil ancang-ancang dan…

POP! Si edamame meloncat mulus kedalam mulutnya. Kali ini bukan tawa yang meledak tapi teriakan girang yang keluar!

Yipiie!!! God Job!”

Sambil tersenyum bangga bibirnya mulai bergerak mengunyah kacang. Tiba – tiba keningnya berkerut, mengerenyit dan menjulurkan lidah.

“Iyaaakkkkssss…” teriaknya.

“Loh? Kenapa?” ujar ku kaget sambil tetap mengunya edamame.

“Rasanya aneh.. I don’t like it! Yaa.. semua jenis kacang.. I don’t like!” tangannya mendorong mangkuk edamame semakin dekat ke saya.

Hmm… Suka atau tidak dengan edamame, itu masalah selera. Tapi kalau mau di usut ternyata mengkonsumsi edamame bisa menurunkan resiko serangan jantung sampai 45% loh! Riset besar dalam New England Journal of Medicin, membuktikan bahwa hanya dengan makan 1/2 cup Edamame sehari dapat menurunkan kolesterol sampai 10%.Edamame kaya isoflavon dan serat yang dapat menurunkan produksi kolesterol dan mencegahnya menempel pada dinding-dinding arteri. Setiap saji 1/2 cup mengandung 800 mg pottasium dan 400 mcgfolic acid. Menurut para peneliti Harvard, menambah nutrien pelindung jantung ini dapat menurunkan resiko serangan jantung sampai 45% atau lebih. (agroyasa.com)

Selain itu mengkonsumsi edamame juga bisa mencegah kangker! Edamame kaya antioksidan ampuh yang dikenal sebagai flavonoi, yang membantu menghambat efek-efek yang membahayakan dari esterogen alamiah terhadap sel-sel tubuh yang halus. Menurut sebuah studi University of Minnesota terhadap lebih dari 35.000 perempuan, makan edamame setiap hari dapat menurunkan resiko semua kanker sampai 70%. (agroyasa.com)

Mungkin kalau di telusuri lebih jauh edamame masih memiliki banyak manfaat. Kembali ke pernyataan semula. Suka tidak suka, itu masalah selera. Tapi dalam hati saya berdoa loh, semoga teman saya membaca artikel ini dan jadi mencintai edamame :p

4 thoughts on “Rahasia Edamame

Leave a comment